KAMPUNG KREATIF KDI (KEBON DAYA INDAH)

Author: admin inovasi
Dilihat: 378 kali
1 tahun yang lalu

Latar Belakang

 

Kampung kreatif KDI ( Kebon Daya Indah ) merupakan salah satu kampung yang ada di kelurahan Pagutan Timur kota Mataram. Warga kampung KDI mempunyai mata pencaharian sebagian besar menjahit. Aktifitas menjahit kebanyakan ditekuni oleh kaum pria atau suami, sedangkan kaum ibu ibu sebagian besar mengurus rumah tangga. Dengan adanya aktifitas menjahit maka banyak sisa potongan kain perca, dimana oleh warga kain perca dibakar atau dibuang begitu saja. Dengan banyaknya perca dibuang maka menimbulkan banyak sampah.  Untuk itu dibutuhkan cara bagaimana mengelolah perca kain menjadi lebih bermanfaat dengan mendaur ulang kembali. Dibutuhkan pengajar yang bisa melatih ibu ibu warga KDI akan bisa mengolah perca. Disini tutor dalam mengolah perca adalah warga KDI itu sendiri yang mempunyai keahlian mengolah perca.

 

Melalui kepala lingkungan, maka ibu ibu warga KDI bisa berkumpul mengolah kain perca. Kain perca ini bisa diolah berbagai bentuk aplikasi untuk ditempel ke bahan dasar seperti goodie bag, aplikasi baju,  pouch dll. Hasil produk jadi dipasarkan melalui bazar , penjualan online, maupun penjualan langsung ke pembeli seperti menerima pemesanan khusus berupa ukuran yang diminta. Dengan adanya kegiatan pengelolaan maka dapat menambah nilai ekonomi dan bisa memenuhi penambahan pendapatan untuk warga itu sendiri. Selain dapat menambah pendapatan kebutuhan masyarakat, secara tidak langsung sampah di lingkungan dapat berkurang. Oleh karena itu, perlu adanya penanganan yang serius untuk mengelolah kain perca menjadi produk yang dapat diolah dan menghasilkan produk baru  yang lebih bagus dan kreatif yang dapat dimanfaatkan oleh warga .

 

Di samping itu, dengan adanya ide kreatif yang memanfaatkan kain sisa itu dapat memberikan inovasi maupun ide baru untuk masyarkat dalam menghasilkan produk,  Mengingat di jaman sekarang ini banyak sekali inovasi atau model baru  di dunia fashion dan  kerajinan yang memanfaatkan limbah perca kain, yang menuntut kita untuk lebih punya inovasi lebih  banyak lagi dalam  membuat  produk yang bisa dibuat dengan bentuk baru hanya dengan sedikit kreatifitas dan inovasi.

 

Tujuan

Tujuan dilakukan inovasi ini adalah :

1.      Mengurangi sampah sisa perca di lingkungan KDI

2.      Menambah kreatifitas warga sehingga bisa menambah penghasilan warga KDI dengan mengolah perca menjadi barang bernilai jual

 

Manfaat

Adapun manfaat dari inovasi daerah diantaranya :

1.     Warga menjadi antusias untuk belajar berkreatifitas

2.     Menambah penghasilan warga KDI

3.     Limbah perca berkurang